Perawatan Burayak Cupang Adu

Burayak merupakan ikan yang berumur 0 – 3 bulan yang berukuran 3 – 12 mm. Burayak yang dipilih sesuai dengan tipe ikan cupang aduan yang akan dipelihara. Perawatan burayak cupang adu biasanya mempergunakan bak semen yang berukuran 100 x 100 x 30 cm. Bak semen yang dipergunakan sebanyak tiga buah. Pada dasar kolam dibuat lubang kontrol yang berfungsi untuk mengurangi atau menguras air kolam. Selesai dibuat, bak diisi air dan dibiarkan selama seminggu, lalu dikuras dan diganti dengan air baru. Air baru inipun harus dibiarkan selama seminggu sebelum dikuras. Selanjutnya bak tak diisi air selama tiga hari.
Seandainya kolam ingin diisi dengan tanaman air, suci hamakan dahulu tanaman tersebut dengan cara merendamnya dalam air yang sudah diberi antibiotika supertetrasiklin sebanyak 2 ppm. Dimana perendaman ini dilakukan selama 2 jam.
Setelah disiapkan, bak tersebut dapat diisi dengan burayak berukuran maksimal 2 cm dengan populasi setiap bak sebanyak 75 ekor. Walaupun bak cupang adu yang disediakan sebanyak tiga buah, tetapi yang diisi burayak hanya dua kolam. Kolam yang satunya berfungsi untuk menampung hasil seleksi selanjutnya.
Pada bulan pertama, burayak diberi kutu air yang harus tersedia setiap hari.
Pada bulan kedua, burayak sudah dapat disebut anak cupang.
Pada umur dua bulan inilah ikan diseleksi perkembangannya. Cupang adu yang pertumbuhannya jelek dipindahkan ke kolam kosong.
Waktu penyeleksian yang terbaik adalah sore hari setelah ikan di beri makan.
Pemindahan harus dilakukan secara serentak agar ikan tidak berkelahi karena perbedaan lubuk.
Selanjutnya ikan sudah dapat diberi pakan jentik nyamuk (cuk)
Untuk mencegah serangan penyakit atau parasit, volume air dikurangi hingga setengah bagian dan diganti dengan air yang baru. Setelah itu, larutkan bubuk abate ke dalam bak.
Kalau ada burayak ikan cupang aduan yang sakit, pindahkan burayak tersebut ke dalam stoples. Burayak yang sakit di obati dengan 5 ppm prefuran selama 10 menit. Setelah di obati, ikan tersebut jangan langsung dimasukkan ke dalam kolam, Ganti setengah air kolam atau bak dengan air yang baru. Ke dalam air bak bubuhkan antibiotika prefuran atau tetrasiklin 10 ppm.