Persiapan Induk Cupang Adu

     Untuk memijahkan / budidaya ikan cupang aduan, induk jantan sehat tidaklah cukup, kita harus mengetahui cara bertempurnya diarena. Keandalan tersebut meliputi gaya bertarung dan kekuatan. Betta smaragdina biasanya dijadikan induk karena tahan pukulan dan mampu bertarung sampai mati. Biasanya cupang adu jantan Betta smaragdina di kawinkan dengan betina spesies Betta imbellis varietas lokal, keturunannya sering menjadi juara di arena pertarungan.
 Pernah ada cupang adu singapura (betta imbellis var. domestica yang merupakan hasil penangkar lokal selalu menjadi pemenanag di beberapa arena. Pukulan andalannya adalah nombak sentak dengan arah pukulan pangkal ekor. Sementara gaya bertarungnya fighter murni. Setelah tidak dipertarungkan lagi, cupang adu tersebut akhirnya di jadikan induk.
Sangat jarang  cupang adu yang berumur lebih dari 9 bulan diturunkan ke arena pertarungan. Bukan karena cupang tersebut sudah kehabisan tenaga, tetapi karena cupang adu tersebut tubuhnya sudah terlalu besar sehingga sulit untuk mencari lawan tanding. Biasanya cupang adu yang telah di pensiunkan dan dijadikan induk.
Persiapan Induk Cupang untuk dijadikan induk, jantan cupang adu harus dicarikan pasangan kawinnya.Kriteria cupang adu betina untuk induk harus matang kelamin atau umurnya sudah diatas lima bulan. Selain itu usahakan induk betina dipilih dari lubuk yang telah menghasilkan jagoan. Semua kriteria ini bertujuan untuk menghasilkan cupang adu yang berkualitas. Penentuan jenis kelamin cupang adu sangat mudah. Tubuh cupang adu jantan berwarna cerah dan langsing, sedangkan cupang adu betina berwarna agak pudar dan bertubuh gendut. Sirip ekor cupang adu jantan relatif lebih besar dibanding cupang adu betinanya.
Sebelum dikawinkan, cupang adu jantan dan cupang adu betina harus dipelihara ditempat terpisah. Setelah keduanya siap memijah, barulah keduanya dimasukkan kedalam tempat pemijahan. 

Ciri induk jantan siap dipijahkan yaitu 
- penutup insang tampak warna merah atau hijau menyala dan ikan sudah membuat gelembung gelembung udara.
Ciri induk betina yang siap kawin ditandai dengan 
- perutnya yang tampak besar, warna tubuhnya pucat, dan tingkah lakunya jinak.

Cupang adu termasuk jenis ikan yang pilih – pilih pasangan. Belum tentu cupang adu jantan dan cupang adu betina yang dijodohkan benar – benar mau kawin. Kalau setelah empat hari dijodohkan tetapi belum ada perkawinan, maka keduanya tidak berjodoh. Untuk itu perlu dicarikan induk cupang adu betina yang baru untuk menggantikan cupang adu betina yang tidak mau kawin, sehingga proses memijahkan / budidaya ikan cupang aduan dapat terlaksana.