Mengultur Daphnia



        Daphnia merupakan salah satu keluarga udang renik bertubuh cukup kecil yaitu berkisar 1000-5000 mikron yang paling primitif yang termasuk kedalam Filum Anthropoda, kelas Crystacea, ordo Phylopoda. Karena bentuknya yang kecil, daphnia sangat baik untuk pakan alami ikan cupang aduan.
Daphnia merupakan hewan penghuni air tawar, terutama di waduk, rawa, danau, kolam atau genangan air lainnya. Karena itu, daphnia sangat mudah dipelihara. Siklus hidup daphnia sangat singkat. Rata-rata umur maksimum yang dapat dicapai adalah 12 hari. Jika temperatur lingkungan berkisar antara 22-31 derajat Celcius dan derajat keasaman (pH) air antara 6,6 - 7,4, daphnia akan tumbuh menjadi dewasa dalam waktu 4 hari.


Untuk mendapatkan daphnia secara buatan, dapat dilakukan usaha sebagai berikut:

-  Sediakan sebuah bak (kolam ikan) terbuat dari semen, plastik, kayu atau fibre glass yang mempunyai ukuran satu meter kubik. Letakkan bak tersebut ditempat yang agak terlindung dari sinar matahari secara langsung.
- Setelah dibersihkan, isilah bak dengan air dengan ketinggian 60 cm.
- Sementara itu, pada tempat lain, campurkan 10 kg kotoran ayam yang telah dikeringkan kedalam 90 liter air dan biarkan selama 5 - 10 hari sambil terus diberi aliran udara menggunakan erator.
- Pada wadah lain lagi, tumbuklah bungkil kelapa sampai halus dan diayak.
- Campurkan 240 gram bungkil kelapa yang telah halus kedalam 1.200 ml larutan kotoran ayam. Aduk hingga rata, kemudian larutan tersebut diperas dengan saringan. Dan cairan yang diperoleh dimasukkan kedalam bak pemeliharaan daphnia.- Biarkan selama 18 - 24 jam. Setelah itu bak pemeliharaan sudah dapat diisi bibit daphnia. Bibit daphnia dapat diperoleh dari alam atau memintanya ke Balai Budidaya Air Tawar setempat.- Jika kondisi lingkungan cukup baik, perkembangan daphnia akan terlihat setelah dipelihara selama seminggu.- Pemanenan daphnia dapat dilakukan menggunakan serokan yang berlubang halus. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada malam hari atau pagi hari sebelum matahari terbit. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penangkapan daphnia.
Daphnia yang baru dipanen dapat diberikan sebagai pakan ikan cupang aduan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar